Hai Sobat NNBUZZ, Salam hangat dan Sukses Selalu, pada kesempatan kali NNBUZZ akan menjelaskan tentang bagaimana cara menulis email yang ba...
Hai Sobat NNBUZZ, Salam hangat dan Sukses Selalu, pada kesempatan kali NNBUZZ akan menjelaskan tentang bagaimana cara menulis email yang baik dan benar menggunakan Gmail.
Tentunya sobat NNBUZZ sudah memiliki email kan, nah bagi yang belum silahkan di baca postingan sebelumnya tentang Cara membuat email menggunakan layanan Gmail.
Oke langsung saja sobat NNBUZZ
Sebelum menulis dan mengirim email, sobat perlu mengetahui beberapa istilah dalam email
1.To pada slot ini digunakan untuk mengisi alamat tujuan email
2.Cc merupakan kependekan dari ( Carbon Copy)digunakan untuk orang yang sobat tuju akan tetapi tidak memerlukan reply (tanggapan/balasan) dari orang tersebut atau hanya sekedar email pemberitahuan saja.
atau dapat juga dikategorikan sebagai orang yang akan menerima salinan pesan yang intinya bukan penerima utama email
3.Bcc (Blind Carbon Copy) hampir mirip dengan Cc perbedaan terletak pada penerima dalam list Bcc tidak akan diketahui oleh penerima yang berada pada list To atau Cc maupun yang berada dalam satu list Bcc
4. Subject merupakan judul email diisi berdasarkan tujuan pengiriman email.
Untuk memulai menulis email menggunakan layanan Gmail, silahkan sobat klik pada tombol compose
Klik Gambar Untuk Melihat lebih Jelas
Nah setelah mengetahui istila-istilah penting dalam email tahap selanjutnya "Bagaiman sih cara menulis email yang baik dan benar ? "
Dalam menulis email yang akan ditujukan kepada seseorang ,hendaklah sobat memperhatikan tata cara penulisan yang sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD) serta tidak lupa pula
sobat harus mengetahui etika dalam menulis email. Meskipun yang sobat ajak berkomunikasi adalah orang yang dekat atau teman sekator sobat.
Biasakan men-Cc email keluar pada atasan sobat dan men-Cc atau megirim tembusan email keluar perusahaan atau kepada orang lain terkait pekerjaan pada atasan. Hal ini bertujuan agar atasan bisa memantau kemana saja sobat berkomunikasi dan atasan juga akan menerima balasan
dari klien jika email tersebut dibalas.
3 bagian yang perlu diperhatikan dalam menulis email
Sangatlah penting untuk selalu membuka percakapan email sobat dengan kata sapaan/salam
Dengan menggunakan etika dalam menulis email tentu akan suatu tambahan nilai tersendiri bagi si penerima email tersebut.
Ingatlah sobat untuk kembali memperhatikan tata bahasa, ejaan, tanda baca, dan hindari kalimat yang bebelit-belit dengan membuatnya singkat dan jelas.
Tulis isi pesannya apa yang hendak diinformasikan atau yang mau disampaikan oleh sobat
Jika semua di atas sudah selesai, maka langsung saja sobat ke topik informasi yang akan sobat sampaikan atau informasi yang akan sobat balas jika sobat membalas sebuah email.
Langkah terakhir adalah menutup dengan menyebutkan nama sobat .Best regards, Sincerely, Thank you atau Terima kasih, semuanya terdengar lebih profesional. Hindari untuk menggunakan kata-kata seperti Best wishes, atau Cheers, karena kata-kata itu biasa digunakan untuk email yang bersifat pribadi. Terakhir, sebelum sobat tekan tombol kirim, periksa kembali email sobat untuk yang terakhir kalinya untuk memastikan semuanya sudah dalam struktur yang baik dan benar.
Tahapan paling akhir jangan lupa sobat menambahkan Signature (Paraf), Sebagai contoh:
Contoh Penulisan Email yang lengkap
Tada...aa Sobat berhasil menulis email dengan baik dan benar
Tentunya sobat NNBUZZ sudah memiliki email kan, nah bagi yang belum silahkan di baca postingan sebelumnya tentang Cara membuat email menggunakan layanan Gmail.
Oke langsung saja sobat NNBUZZ
Sebelum menulis dan mengirim email, sobat perlu mengetahui beberapa istilah dalam email
1.To pada slot ini digunakan untuk mengisi alamat tujuan email
2.Cc merupakan kependekan dari ( Carbon Copy)digunakan untuk orang yang sobat tuju akan tetapi tidak memerlukan reply (tanggapan/balasan) dari orang tersebut atau hanya sekedar email pemberitahuan saja.
atau dapat juga dikategorikan sebagai orang yang akan menerima salinan pesan yang intinya bukan penerima utama email
3.Bcc (Blind Carbon Copy) hampir mirip dengan Cc perbedaan terletak pada penerima dalam list Bcc tidak akan diketahui oleh penerima yang berada pada list To atau Cc maupun yang berada dalam satu list Bcc
4. Subject merupakan judul email diisi berdasarkan tujuan pengiriman email.
Untuk memulai menulis email menggunakan layanan Gmail, silahkan sobat klik pada tombol compose
Kemudian ketiklah isi email yang nantinya ditujukan kepada seseorang atau suatu lembaga perusahaan.
Klik Gambar Untuk Melihat lebih Jelas
Nah setelah mengetahui istila-istilah penting dalam email tahap selanjutnya "Bagaiman sih cara menulis email yang baik dan benar ? "
Dalam menulis email yang akan ditujukan kepada seseorang ,hendaklah sobat memperhatikan tata cara penulisan yang sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD) serta tidak lupa pula
sobat harus mengetahui etika dalam menulis email. Meskipun yang sobat ajak berkomunikasi adalah orang yang dekat atau teman sekator sobat.
Biasakan men-Cc email keluar pada atasan sobat dan men-Cc atau megirim tembusan email keluar perusahaan atau kepada orang lain terkait pekerjaan pada atasan. Hal ini bertujuan agar atasan bisa memantau kemana saja sobat berkomunikasi dan atasan juga akan menerima balasan
dari klien jika email tersebut dibalas.
3 bagian yang perlu diperhatikan dalam menulis email
- Bagian Pembukaan Email
Sangatlah penting untuk selalu membuka percakapan email sobat dengan kata sapaan/salam
Contohnya: "Dear Nnbuzz,", "Dengan Hormat", “Terima Kasih” ( Jika sobat membalas sebuah email)
"Dear Project Managers", " Dear Antonio Brekele".
Apabila Sobat membalas email dari pelanggan, sobat dapat menggunakan kata-kata sebagai berikut:"Terima kasih atas email yang Bapak/Ibu kirim per tanggal….. "; "Mohon maaf atas keterlambatan dalam membalas email Bapak/Ibu"; "Terima kasih atas order yang Bapak/Ibu kirim Sebagai kalimat pembuka dalam membalas sebuah email.
Dengan menggunakan etika dalam menulis email tentu akan suatu tambahan nilai tersendiri bagi si penerima email tersebut.
- Bagian Isi Email
Ingatlah sobat untuk kembali memperhatikan tata bahasa, ejaan, tanda baca, dan hindari kalimat yang bebelit-belit dengan membuatnya singkat dan jelas.
Tulis isi pesannya apa yang hendak diinformasikan atau yang mau disampaikan oleh sobat
Jika semua di atas sudah selesai, maka langsung saja sobat ke topik informasi yang akan sobat sampaikan atau informasi yang akan sobat balas jika sobat membalas sebuah email.
- Bagian Penutup Email
Langkah terakhir adalah menutup dengan menyebutkan nama sobat .Best regards, Sincerely, Thank you atau Terima kasih, semuanya terdengar lebih profesional. Hindari untuk menggunakan kata-kata seperti Best wishes, atau Cheers, karena kata-kata itu biasa digunakan untuk email yang bersifat pribadi. Terakhir, sebelum sobat tekan tombol kirim, periksa kembali email sobat untuk yang terakhir kalinya untuk memastikan semuanya sudah dalam struktur yang baik dan benar.
Tahapan paling akhir jangan lupa sobat menambahkan Signature (Paraf), Sebagai contoh:
Thank You,
NNBUZZ
PT. NNBUZZ, Tbk
Jl.Bendungan Bening No. 2 Malang, Jawa Timur
Telp : +6341 5663728 | HP : +6282 6977 9002
Contoh Penulisan Email yang lengkap
To : majumundur@ptgroup.com
Cc : -
Bcc:-
Subject :Teknisi Komputer
Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi yang saya peroleh pada blog/website majumundur.com, bahwa "PT Maju Mundur" menerima beberapa lowongan kerja dalam kategori Teknisi Komputer, maka yang bertanda tangan di bawah ini, saya :
Nama : Nnbuzz
Alamat : Jl.Bendungan Bening No. 2 Malang, Jawa Timur
Tempat, Tanggal Lahir : Malang, 02 Mei 1988
Pendidikan Terakhir : S-1Teknik Mesin
Bermaksud untuk mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut.Bersama ini saya lampirkan satu lembar daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan dalam bentuk attachment.
Bila dikehendaki, saya bersedia memenuhi panggilan Bapak/Ibu untuk dites dan diwawancarai.Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.
Hormat saya,
(Nnbuzz)
NNBUZZ
PT. NNBUZZ, Tbk
Jl.Bendungan Bening No. 2 Malang, Jawa Timur
Telp : +6341 5663728 | HP : +6282 6977 9002
Tada...aa Sobat berhasil menulis email dengan baik dan benar